Bagaimana Cara Membuat Dark Mode di Website WordPress? Ini Dia Jawabannya!
Dark Mode

Halo sobat negaraweb, apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat ya. Di artikel negaraweb kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu fitur yang lagi eksis di website, yaitu dark mode.

Namun perlu kamu pahami, kita kali ini hanya membahas bagaimana cara membuat dark mode untuk developer website yang menggunakan wordpress. Ingat ya, hanya wordpress.

Sebelum itu, yuk ketahui dulu penjelasan dari dark mode agar kalian paham terlebih dahulu.

Penjelasan Dark Mode

Dark mode atau night mode merupakan sebutan untuk front end yang memiliki fitur berlatar gelap atau malam. Penggunaan fitur ini akan memiliki dua pilihan tampilan yang dapat pilih oleh pengguna, mode cerah dan mode malam.

Fitur ini dapat merubah tampilan warna pada teks dan isi konten sesuai dengan pembuatannya. Biasanya, tempatnya agak kecil dan berada di pengaturan tampilan.

Berbagai aplikasi atau website populer telah menggunakan dark mode untuk meningkatkan pengalaman hebat bagi para penggunanya. Aplikasi dan website tersebut antara lain yaitu: WhatsApp, Facebook, Instagram, Tirto dan beberap website perusahaan media lainnya.

Ramainya penggunaan dark mode ini ternyata telah diriset oleh niversity of Cambridge. Adapun manfaat dari penggunaan dark mode ini antara lain yaitu:

  1. Mengurangi mata lelah
  2. Mengurangi layar berkedip
  3. Memudahkan proses pemrograman atau mengcoding
  4. Mampu mengurangi kemungkinan perubahan jam biologis
  5. Menghemat baterai device
  6. Dapat mempermudah proses pendesainan

Cara Membuat Dark Mode di WordPress

Untuk mengaktifkan dark mode bagi developer web yang menggunakan wordpress sebenarnya tidak perlu ribet atau pusing memikirkan codingnya.

Mengapa? Karena wordpress sendiri telah memberikan dan menyediakan plugin-plugin yang mendukung website Anda berisi dark mode.

Bagaimana caranya? Cukup mudah, ikuti langkah di bawah ini agar kamu bisa mengaktifkan dark modemu!

  1. Buka wp admin wordpress kamu
  2. Cari plugin
  3. Klik tambah baru
  4. Search di menu pencarian tambah baru plugin
  5. Ketik “dark mode”
  6. Pilih salah satu, yang admin gunakan adalah “Dark Mode”
  7. Setelah itu klik aktifkan
  8. Nah, sekarang kamu sudah punya website dengan fitur dark mode loh! Selamat ya!

Kabar baiknya, kamu juga dapat mengatur atau mensetting ulang dark mode agar sesuai dengan keinginanmu sendiri.

Caranya mudah, nanti di dark mode tersebut ada yang namanya setting dan kamu bisa mencoba satu persatu isi pengaturan dari dark mode tersebut.

Jika merasa sudah cocok, kamu bisa membuka website kamu sendiri dan website kamu sudah mengikuti tren yang ada saat ini!

Selamat! Jangan pernah selesai untuk belajar ya!