Cara Install Website WordPress Melalui cPanel Gampang!

Apa kabar kalian sobat negaraweb? Semoga kalian sehat selalu ya. Artikel ini saya akan membahas mengenai tutorial atau cara bagaimana menginstall WordPress melalui cPanel Hosting yang sudah kamu beli.

Sebelum itu, pastikan kamu sudah mengaktifkan hostingmu di tempat jasa hosting yang sudah kamu percayai. Setelah itu, pastikan kamu juga sudah login ke situs web atau website penyedia jasa hosting tersebut.

Untuk login ke cPanel dan menginstall WordPress, kita memerlukan alat yang bernama Softaculous. Apa itu Softaculous? Dilansir dari domainesia.com, Softaculous memiliki pengertian yaitu sebagai fitur tambahan dari cPanel yang memberikan layanan untuk mempermudah Anda dalam instalasi cms yang akan digunakan untuk membuat website, termasuk wordpress.

Baik langsung saja kita masuk ke tutorial bagaimana cara menginstall WordPress melalui cPanel dengan mudah dan cepat!

1. Login ke cPanel

Cara masuk ke cPanel untuk domainmu adalah dengan mengetik https://domainmu/cPanel

Untuk mempermudah menemukan username dan password, saya sarankan untuk login ke layanan hosting terlebih dahulu lalu membukan cPanel dari layanan hosting yang sudah aktif.

2. Pilih dan klik Softaculous Apps Installer

Setelah berhasil login ke cPanel, kamu bisa scroll layar laptop kamu ke bawah sampai ketemu dengan Softaculous Apps Installer.

Jika tidak ketemu, kamu bisa mencarinya di menu pencarian dengan mencari logo kaca pembesar atau tekan Ctrl+F secara bersamaan.

3. Pilih WordPress

Jika sudah menemukan Softaculous, kamu dapat memilih salah satu CMS yang akan kamu gunakan untuk mebuat website manjadi online, yaitu WordPress.

Klik WordPress untuk memulai menginstallnya. Mungkin proses ini memerlukan waktu yang agak lama, kamu hanya perlu bersabar jika itu terjadi.

4. Install WordPress

Setelah kamu pilih dan klik WordPress di menu, kamu akan diarahkan ke dashboard dari Softaculous.

Jika sudah, kamu harus menginstall WordPress terlebih dahulu dengan mengklik tombol “Install Now” di menu yang sudah disediakan Softaculosu WordPress.

5. Mengisi Konfugurasi WordPress

Setelah itu, kamu tentu harus mengisi konfigurasi wordpress untuk dapat masuk ke wordpressnya. Gimana caranya? Ikuti langkah saya berikut ini.

Di pilihan choose protocol, kamu dapat memilih https/ atau http sesuai pesananmu di layanan jasa yang sudah kamu pesan.

Di piliha choose domain, tentu kamu harus memasukkan nama domainmu. Contoh (negaraweb.com) Lalu di menu In Directory kosongkan saja.

Selanjutnya di pilihan Site name dan deskripsi silakan isi sesuai keinginamu dan pastikan sesuai dengan website kamu.

Selanjutnya baru masuk pembuatan username dan passowrd. Selain itu kamu juga harus memasukan emailmu untuk jaga-jaga.

Setelah itu, isi bahasa yang ingin kamu pilih, bisa bahasa Indonesia, bisa bahasa Inggris.

Selesai. Kamu tinggal klik install dan save!